Persiapan Liburan Murah ke Bangkok Thailand

By Malia Azizah - 2:23 AM


        Beberapa tahun kebelakang, Bangkok mulai menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dilirik sama para pelancong dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Saya sendiri awalnya nggak begitu tertarik untuk pergi ke Bangkok karena bingung mau ngapain. Belum lagi 'pikiran sempit' yang selalu menjudge kalau Bangkok itu same same lah sama Jakarta. Padahal . . . . . . . lebih panas masha allah 😢.
           
         Barulah tahun 2019 ini ada keinginan untuk melancong ke negeri Seribu Pagoda eh Gajah Putih ketang. Maaf ketuker-tuker saking banyak kuilnya. Hal pertama sebelum beneran berangkat yakni mempersiapkan semuanya. 

1. Siapkan Paspor

https://antrian.imigrasi.go.id/

Buat paspor sekarang agak butuh waktu lama karena harus nunggu antrian. Kalau waktu saya, awalnya daftar secara online dulu dengan jam dan hari yang bisa kita sesuain sendiri. Disaranin sih take jadwalnya pas hari Senin biar kebagian. Nah denger-denger kalau sekarang sistemnya udah beda. Nggak sefleksibel dulu. Pendaftar online udah nggak bisa buat jadwal sendiri tapi dijadwalin kapan harus datang sama Imigrasinya. Setelah daftar, nanti akan ada sms notifikasi nomor antrian. Untuk dokumen sendiri cukup mudah. Cuma foto copy KTP, KK sama ID pegawai kalau sudah bekerja kerja karena suka ditanyain, dan materai. Yang aslinya juga bawa ya.

2. Berburu Tiket Pesawat

https://www.skyscanner.co.id

Saya suka beli di traveliaa, boleh cek IGnya @traveliaa atau ikutan line account nya @traveliaa biar dapet info promo tiket. Tapi tiketnya hanya Air Asia aja ya. Atau bisa juga kamu cek di cheap flight  atau bisa juga di skyscanner . Banyak promo tiket pesawat murah kok. Saya waktu itu dapetnya IDR 1.600k pp Jakarta-Bangkok-Jakarta. 

https://www.instagram.com/traveliaa/?hl=en

3. Buat Itinerary

Keyword Mbah Google : Things to Do in Bangkok

Ini nih yang buat menguras banyak waktu. Maklum, masih buta, belum pernah kesana sama sekali. Untuk referensi tempat yang ingin dikunjungi, kamu bisa kok cuma search di google dengan keywordnya things to do in Bangkok. Nah nanti Mbah Google akan menuntunmu kemana aja kamu bisa menjelajah.

Nyari Di IG #discoverBangkok

Selain pakai mbah Google, kamu juga bisa kepo-kepo dari instagram dengan hashtag #discoverBangkok. Makin banyak tuh pilihannya. Pusing-pusing dah. Kalau saya kemana aja? Kita bahas di session selanjutnya.

4. Pesen Hotel atau Tempat Nginep

https://www.airbnb.com/s/Bangkok-Thailand

Ini juga termasuk salah satu hal yang cocok-cocokan. Kalau ngetripnya bertiga atau lebih, disaranin sih mesen di Airbnb . Kalau cuma berdua bisa liat-liat di Agoda. Nah sebetulnya bisa sih kalau bertiga kita milih di Agoda, secara kalau di Agoda banyaknya hotel-hotel yang 'banting harga'. Kan lumayan. 

https://www.agoda.com

Saat pesen di Agoda, kita mesti detail. Hotel yang saya pilih, Hotel Cacha salah satu hotel yang agak ketat. Kami kan pergi bertiga, satu orangnya kena charge lagi untuk extrabed seharga satu kamar. WHAT THE WOOY, nyesek tau. Jadi, harus tanya-tanya dulu peraturan setiap hotelnya gimana.

Dikedua web tersebut, kita dikasih tau kok hotel itu dekat dan berapa lama menuju terminal/stasiun transportasi. Di Bangkok sendiri pakai BTS, kayak Commuter Line di Jakarta lah. Nah cari hotel yang deket sama BTS ya.

5. Tukar Uang buat Bekel

Biar bisa hidup disana harus bawa uang dong. Tips buat kalian yang mau traveling, tukarkanlah uang kalian di MONEY CHANGER ya, hindari menukar uang di Airport, atau narik ATM kalo nggak kepepet banget. Salah satu money changer yang lumayan murah nilai tukar uangnya di Golden Money Changer . Harganya lumayan loh bedanya bisa sampe lumayan lah. Kalau kepepet juga bisa kok kalian debit selama Bank kalian kerjasama dengan VISA atau Mastercard.

Saya pakai bank BCA, untuk BCA sendiri kalau kita tarik tunai dikenakan biaya IDR 25.000/penarikan di jaringan Cirrus, kalau di jaringan lain yang penting ada logo mastercard atau visa sesuai sama yang di kartu debit kamu, temenku kena charge harmpir IDR 100.000/penarikan.

Nah kalau debit, free charge aliat gratis kalau gesek debit di mesin EDC jaringan Maestro. Saya sendiri waktu gesek debit nggak kena charge sama sekali. Kursnya ngikutin kurs VISA saat itu ya.

6. Jangan Lupa Beli Bagasi

Berhubungan maskapai sekarang sedang menggalakan sistem no free free Bagasi, jadi disarankan kamu kudu beli bagasi pergi dan pulang sebelum berangkat. Kalau bisa sih pas beli tiket minta beli bagasinya juga. Untuk ke Bangkok, saya sih sebenernya 10kg pp aja udah cukup karena nggak jastip banyak. Ada cara mengehmat bagasi. Berangkat kamu hanya pakai bagasi kabin dimana itu free, dan pulang bisa beli bagasi yang 20kg. Mayan menghemat itu.

7. Beli Kartu Perdana 

https://www.javamifi.com
Penting? PENTING BANGET! Tahu sendirilah kenapa internet ini sangat penting sekali. Nah buat yang mau liburan ada beberapa pilihan sih. Pertama bisa pakai Java MIFI, saya pernah pakai ini waktu liburan ke Penang. Buatku sih ini lumayan ribet, karena kita nggak bisa mencar, harus deket sama yang pegang WIFI nyalah. Belum lagi harus pakai deposit IDR 500.000, kan mayan ya. Tapi katanya lagi ada promo tuh, nggak pakai deposit. Untuk bisa pinjem ni Mifi, jangan lupa bawa ktp, sama ntar orang yang ambil juga liatin aja ktp sama sih email pesenannya.

https://www.klook.com/id/
Akhirnya ke Thailand sendiri lebih milih pakai sim card masing-masing aja. Biar nggak repot dan kita bisa mencar kemana pun. Kamu bisa nyari di KLOOK ini. Nanti ngambilnya di Bandara Don Muang depannya Sevel (Seven Eleven). Cukup tunjukkin email sama pasport. Nanti dipasangin sama petugasnya.

8. Beli Paket Tur Secara Online

Satu lagi tipsnya buat kamu yang suka eksplor tapi mure muree, bisa beli tiket tur via online. Lewat KLOKK atau traveloka juga bisa kok. Nah untuk yang mau beli tiket nonton Cabaret Show, di postingan selanjutnya deh dikasih tau dimana beli tiket yang paling murah bisa sampe setengah harga.



Oke, segitu dulu deh siap-siapnya. Kalau udah siap-siap, nanti kita lanjutin itinerary, kemana aja dan ngapain aja sih selama di Bangkok, Zah? Next Ya, lagi nyusun niat dulu. Hehe



Warm Regards,



Malia Azizah



  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Please share and comment with positive way.