5 Drama Korea Tentang Bisnis yang Bisa Jadi Inspirasi Bisnismu

By Malia Azizah - 12:59 AM

    


    Drama dan film seringkali terinspirasi dari kehidupan nyata yang mungkin pernah kalian alami. Sama halnya dengan kita yang bisa juga terinspirasi dari apa yang kita tonton untuk melakukan suatu hal khususnya berbisnis.

   Bagi pecinta drama atau film korea, tentunya bukan hanya sekedar menonton suatu drama atau film korea karena para pemain aja kan? Kalian juga pasti melihat sinopsis, kira-kira cerita apa yang jakka-nim ini tawarkan. Apakah cocok dengan taste kalian?

    Banyak drama korea yang isinya nggak tentang cinta-cintaan melulu atau tentang keuwuan oppa-oppa yang buat halu hehe. Selain bumbu keuwuan tersebut, ada hal lain juga yang bisa kita ambil dan kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 5 drama Korea yang bantu buka mata hati dan pikiran kamu yang lagi mengejar mimpi atau berencana mendirikan usaha.

1. BEST CHICKEN
Meskipun dapet rating yang nggak heboh banget, Best Chicken jadi salah satu drama Korea yang wajib kamu perhitungkan untuk diambil pelajaran bisnisnya.

Bermula dari Park Choi Go seorang pegawai perusahaan besar Korea yang resign dan berambisi untuk membuka restoran ddakjib (ayam goreng). Anehnya, bukan tempat strategis yang dia pilih untuk membuka restorannya tersebut melainkan gedung bekas tempat pemandian umum. Dimana lokasinya di tempat sepi dan aksesnya nggak di pinggir jalan. Emang bisa sukses? 

Dengan bantuan Seo Bo-Ah (cucu kakek pemilik gedung tempat pemandian umum yang tinggal di lantai dua dan menolak keras usaha restoran tersebut) dan Andrew Kang (gelandangan yang ternyata dulunya seorang chef terkenal), Choi Go berusaha mewujudkan impiannya, punya resto ayam goreng yang sukses. Dari drama ini kita belajar gimana susah payah buat resep rahasia ayam goreng dan menjadikannya standar restoran.

Judul : Best Chicken 
Episode : 12 episode
Pemain : Park Sun Ho sebagai Park Choi Go dan Kim So Hye sebagai Seo Bo Ah

2. ITAEWON CLASS

Diangkat dari web series yang sukses dan sama halnya dengan drama. Sukses. Selain dibintangi oleh pemain-pemain hebat, drama ini jiga memang punya cerita yang bagus dan realistis. 

Tentang anak muda bernama Park Sae Ro Yi yang harus dipenjara gara-gara ketidakadilan dari seorang pengusaha yang melindungi anaknya yang salah. Kematian ayah Sae Royi dan ingin meneruskan mimpi ayahnya yang ingin buka bar yang akhirnya dikasih nama DanBam ini buat Sae Royi bekerja keras dan belajar selama di penjara.

Drama ini mengajarkan kita cara merintis usaha resto dari nol, investasi saham dan berbagai pertimbangan kalau mau buka franchise.

Dengan tim yang hanya 5 orang (semua beda karkater dan punya keahlian masing-masing), DanBam berhasil menjadi raksasa restoran populer menyaingi Jangga Group (perusahaan makanan terbesar di Korea). Btw, Pemilik Jangga Group ini pengusaha tempat ayahnya Sae Ro Yi kerja dulu juga yang buat Sae Royi dipenjara. 

Pokoknya, kamu wajib nonton drama ini dan belajar trik-trik juga meniru cara Sae Royi 'balas dendam'. 

Judul : Itaewon Class
Episode : 16 episode
Pemain : Park Seo Joon sebagai Par Sae Ro Yi, Kim Da Mi sebagai Jo Yi Seo, Ryoo Kyung Soo sebagai Choi Seung Kwon, Lee Joo Young sebagai Ma Hyun Yi, Kim Dong Hee sebagai Jang Geun Soo dan Chrys Lyon sebagai Tony Kim. 


3. SEARCH WWW

Siapa sih yang nggak pengen sukses? Cerita ini tentang 3 perempuan - Bae Ta Mi, Cha Hyeon (Scarlett) dan Song Ga Kyeong yang bekerja keras meraih mimpi dan berhasil sukses diusia akhir 30 tahun. 

Saking kerasnya mengejar mimpi, Bae Ta Mi sampai merasa dia udah mengesampingkan love lifenya sampai akhirnya dia bertemu Park Morgan yang usianya jauh lebih muda dari Bae Tami atau Cha Hyeon (Scarlett) dan Seol Ji Hwan. Bisa nggak ya, karir dan cinta berjalan beriringan?

Nggak melulu tentang cinta-cintaan, drama ini banyaknya menceritakan bagaimana sebuah perusahaan search engine (semacam google) bisa mendapat posisi tertinggi. Atau jadi situs yang dibuka semua orang kalau mau nyari informasi apapun. 

Kamu bakal disuguhi cara memprospek pasar, melihat trend, dan gimana jatuh bangunnya seseorang untuk bisa sampai diposisi teratas hidupnya.


Judul : Search WWW
Episode : 16 episode
Pemain : Im Soo Jung sebagai Bae Ta Mi, Lee Da Hee sebagai Cha Hyeon, Jeon Hye Jin sebagai Song Ga Kyeong, Jang Ki Yong sebagai Park Morgan, Lee Jae Wook sebagai Seol Ji Hwan dan Ji Seung Hyun sebagai Oh Jin Woo. 


4. OH MY GHOST

Berawal dari kemampuan indera keenam Na Bong Sun yang bisa melihat makhluk kasat mata dan membuatnya mengucilkan diri dari lingkungan. Hal tersebut karena dia sering diganggu. Lagi kerjalah, bahkan semua aktivitas (sampai tidur pun) dia sering diganggu. Nggak heran kalau akhirnya dia sering dipecat dari kerjaannya karena gangguan tersebut. Parahnya lagi, kalau dia lagi tidur atau ngantuk, dia bisa aja dirasuki hantu. 

Pertemuannya dengan chef ganteng Kang Sun Woo pun dikarenakan hantu penasaran yang terobsesi sama unfinished business yang buat dia jadi hantu penasaran yang menjadikan Kang Sun Woo sebagai objek penyelesaian unfinished business si hantu. 

Nah, Na Bong Sun ini akhirnya kerja di restoran Kang Sun Woo. Kita akan disuguhi bagaimana Kang Sun Woo merintis restonya sampai bisa terkenal. Kiat-kita bangkit dari pembully an dan berubah jadi orang sukses, sampai kiat menghadapi food blogger yang nyebelin (mentang-mentang udah famous jadi berlaku seenaknya). Bisa nih untuk kalian yang punya bisnis resto tiru cara chef Sun Woo ini. 

Chef Sun Woo juga akan mengajarkan bagaimana caranya menemukan impian dan keberanian. Dia berhasil merubah Bong Sun yang rendah diri (suka minta maaf yang bukan salahnya) jadi seseorang yang berani ambil resiko untuk mewujudkan impiannya, jadi seorang chef.

Drama yang dibintangi oleh Park Bo Young dan Jo Jung Suk ini wajib deh kamu tonton.

Judul : Oh My Ghost
Episode : 16 episode
Pemain : Park Bo Young sebagai Na Bong Sun dan Jo Jung Suk sebagai Kang Sun Woo


5. START UP

Milenial wajib nih nonton ini. Mengingat sejak 2010 tekhnologi di dunia berkembang pesat dan banyak melahirkan ahli-ahli yang berhubungan dengan tekhnologi, aplikasi dan internet. Bagi kamu yang dulunya ngambil kuliah jurusan yang berhubungan dengan perkembangan teknologi, selamat! Keahlian kamu bisa dibilang akan selalu dibutuhkan selama manusia nggak bisa lepas dari teknologi dan internet.

Sebetulnya kisah ini intinya memperlihatkan dua orang, adik dan kakak, yang terpisah karena perceraian orang tua serta harus memilih dan menerima konsekuensi masing-masing atas pilihannya. Seo Dal Mi memilih sang ayah dan Won Injae yang memilih sang ibu. 

Dal Mi hidup dengan banyak rintangan khususnya ekonomi namun dia bahagia bisa tinggal dengan nenek dan ayahnya meski ayahnya akhirnya meninggal. Sedangkan kakanya, Seo In Jae yang berubah marga menjadi Won In Jae hidup dengan bergelimang harta dan fasilitas bagus karena ibunya menikah dengan orang kaya namun dia ternyata nggak begitu bahagia.

Singkat cerita, kedua kakak-adik ini dipertemukan dalam sebuah perusahaan yang menampung dan membiayai para perintis pengembang aplikasi (start-up).

Dari drama ini kamu akan belajar bagaimana awal mulai merintis start-up, bagaimana cara mrmbagi saham, juga bagaimana cara mencari investor. Bakal banyak kegagalan yang bisa kamu pelajari dan drama ini. 

Plusnya, pasti ada cerita romansanya dong biar nggak flat banget. Cinta segitiga antara Seo Dalmi-Nam Do San-Han Ji Pyeong ini sungguh menghibur. 


Judul : Start-Up
Episode : 16 Episode
Pemain : Bae Suzy sebagai Seo Dal Mi, Nam Joo Hyuk sebagai Nam Do San, Kim Seon Ho sebagai Han Ji Pyeong dan Kang Ha Na sebagai Won In Jae. 


Gimana? Siap-siap ambil catatan selama nonton ya 😊



Love love, 

Maliasiza






  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Sayaa mbak sampe nonton tiga kali Itaewon Class hahahah saking cinta sama Jo Yi Seo :D mana di-PHP sama 15 eps pulak. Nah, sama www juga sukaak ceritanya. Kantornya naksir banget.
    Start Up blm nonton nunggu selesai aja. :D

    BalasHapus

Please share and comment with positive way.