[BEAUTY REVIEW] Skincare Aman Buat Ibu Hamil dan Menyusui

By Malia Azizah - 3:00 AM

Kulitmu, tanggung jawabmu. Gitu banget sih taglinenya wkwkwkwk. Tapi emang iya kan. Sebagai bentuk rasa syukur kita, kita emang perlu merawat diri atas apa yang dikasih, salah satunya ya kulit kita. 

Semua orang pastinya pengen kulit yang sehat, ya kita jaga dengan makan-makanan sehat juga dengan bantuan produk kecantikan. Udah satu tahun ini aku mulai nyari-nyari produk yang sebisa mungkin aman. Salah satu triknya ya nyari produk yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Secara kan ibu hamil dan menyusui rentan dan sensitif banget. Pasti kandungan produk kecantikan yang emang dikhususkan untuk bumil dan busui merupakan produk yang aman dan nggak berbahaya untuk si kecil. 

Mulailah searching produk-produk bumil dan busui biar nanti kalau hamil dan menyusui, nggak usah pusing-pusing lagi nyoba produk. Berikut produk skincare yang aku pakai sehari-hari dan cocok di aku.


1. Cethapil Gentle Skin Cleanser

Awalnya nggak begitu kenal Cetaphil dan nggak kepikiran juga bakal pakai. Soalnya lumayan mahal harganya wkwkwkwk. Tapi, bisa disiasatin sih, belinya pas lagi diskon di e-commerce atau saat ada cashback. Kan lumayan hemat.

Aku pakai Cetaphil ini gara-gara nanya sama temenku yang sudah hamil. Mereka sih bilang aman dan malah ada yang direkomendasiin sama dokternya.

Cetaphil ini aman karena bahannya nggak mengandung pewangi dan bahan berbahaya lainnya buat bumil dan busui. Abis itu setelah pakai nggak buat kulit kering. Emang sih nggak berbusa banyak, tapi setelah kamu pake, kulit kamu jadi lebih lembab gitu.

🌺 KEAMANAN

Seperti biasa, aku cek dulu produknya udah terdaftar belum di BPOM. Kamu bisa juga kok cek sendiri untuk tahu keamanan produknya. nomor Registrasi Cetpahil ini sendiri yaitu NE11160700635.


🌺 INGREDIENTS 

Water, Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Sodium Lauryl Sulfate, Stearyl Alcohol, Methylparaben, Propylparaben, Butylparaben.



Tapi kok masih mengandung turunan paraben? Padahal banyak banget yang rekomendasiin ini. Sampai aku nyari info tentang paraben ini. Ternyata menurut FDA dan CIR expert sendiri, ketiga paraben ini masih tergolong aman dengan dosis tertentu. Kalau nggak aman, mana mungkin kan BPOM ngeluarin izin. Iya nggak? Cuma hati-hati aja bagi kulit sensitif banget, kandungan SLS (Sodium Lauryl Sulfate) di sabun ini bisa mengiritasi. Jadi ya emang cocok-cocokan. 

🌺 MANFAAT

Membersihkan sekaligus melembabkan kulit. Jadi nggak perlu khawatir kulit kering abis cuci muka.

🌺 CARA PAKAI

〰 Basahi wajah dengan air biasa.

〰 Tuang sedikit (kalau aku sebiji jagung atau cuma sekali tekan aja) dan busakan. (nggak berbusa juga sih.

〰 Ratakan ke wajah, pijat dengan lembut dengan gerakan melingkar.

〰 Basuh hingga bersih.


2. Facial Treatment Esence SK II


Siapa coba yang nggak kenal SK II. Perusahaan SK II asal negeri sakura ini sudah lama berkecimpung di dunia skin care sejak 1980an. Dan satu-satunya produk yang lekat dengan bahan pitera. Pitera sendiri merupakan bahan alami  hasil dari fermentasi ragi. Produk SK II banyak mengandung Pitera yang formulanya dipertahankan selama 40 tahun. 

Awal mula Pitera ini ditemukan, awalnya para ilmuan Jepang sana mulai notice sama perempuan-perempuan pembuat sake yang udah tua tapi punya kulit tangan yang mulus dan tampak lebih muda. Dari penemuan itulah, mulai diteliti dan akhirnya setelah banyak banget penelitian, ditemukan ada ragi yang menghasilkan pitera.

Nggak semua cocok pakai SK-II karena mengandung bahan aktif PITERA, fermentasi ragi ini. Kalau aku pribadi alhamdulillah cocok. Ada juga malah yang jadi bruntusan. 

🌺 KEAMANAN

Aku belum nemu no BPOM atau NIE untuk SK II. Cuma tenang aja. SK-II ini aman kok selama kamu belinya di toko resmi ya atau toko terpercaya. Sudah terbukti produk Sk-II ini selain aman, juga pemenang multi AWARD juga. Pokoknya udah diakui dunia. Buat mastiin lagi, aku sampe nanya sama SK-II nya sendiri dan memang mereka bilang semua produk SK-II aman buat bumil. Istrinya temenku pun selama hamil dan menyusui tetep pakai SK-II dan nggak dilarang sama dokter kandungan dan dokter kulitnya setelah konsul.

🌺 INGREDIENTS

Galactomyces Ferment Filtrate*, Butylene Glycol, Pentylene Glycol, Water, Sodium Benzoate, Methylparaben, Sorbic Acid.



🌺 MANFAAT

〰 Membuat kulit sehat.
〰 Membuat kulit kenyal.
〰 Menyamarkan kerutan.
〰 Mencerahkan (bukan memutihkan ya).

Hasilnya sih memang nggak instant. Aku aja baru ngerasain ada perubahan setelah tiga bulan pakai kulit lebih moist dan kenyal. Yang jelas keliatan lebih sehat.

🌺 CARA PAKAI

Ada dua cara mengaplikasikan SK-II Facial Treatment Essence

🌻 Cara pertama : Tuang secukupnya (aku biasanya dua kali tuang) ke telapak tangan lalu tepuk pelan-pelan ke seluruh wajah sambil dipijat pelan ke arah atas.

🌻 Cara kedua : Tuang secukupnya ke kapas, terus dioleh-oleh ke wajah.

Aku sih prefer pakai metode cara pertama, soalnya kalau ke kapas dulu, sayang hehehehe

3. Kleveru Glass Skin Overnight Serum


Pertama kali ketemu sama Kleveru ini nggak sengaja. Awalnya dari nyari produk organik atau alami gitu dan ketemulah sama kleveru ini. Dan kerennya lagi, ini produk lokal. Seneng deh. Produk Kleveru sendiri hadir untuk mengatasi orang-orang yang punya kulit sensitif. Bumil dan Busui juga sama kan ya punya kulit sensitif. Selain itu, setelah aku nyari tahu, Kleveru sendiri mengklaim kalau seluruh produk yang mereka gunakan itu aman, bukan aman hanya untuk kulit kita tapi juga untuk lingkungan. 

🌺 KEAMANAN


Udah di cek di BPOM juga terdaftar dan aman ya.

🌺 INGREDIENTS

Aqua, Lactic Acid, Panthenol, Glycolic Acid, Daisy Bellis Perennis Extract, Aloe Vera Leaf Extract, Salicylic Acid, Centella Asiatica Extract, Glycerin, Tromethamine, Ceramide, Licorice Glycyrrhiza Glabra Extract, Phenoxyethanol, Propanediol, Hydroxyethylcellulose,  Albatrellus Ovinus Extract, Citric Acid, Vitamin E  



🌺 MANFAAT

 Banyak manfaat dari Glass Skin Overnight Serum ini diantaranya :

〰 Anti Acne

〰 Exfoliant

〰 Mencerahkan

〰Antioxidant

〰 Soothing and Anti-inflamation

〰 Melembabkan

〰 Anti-Aging


Source Pic : www.kleveru.co.id

🌺 CARA PAKAI

Karena mengandung bahan aktif, disarankan pakainya jangan setiap hari. Bisa 2-3 kali seminggu dan dipakai setiap malam. Nggak boleh pagi/siang/sore ya karena bahan aktifnya bereaksi kalau kena sinar matahari. Cara pakainya, setelah cuci muka dan pakai toner, aplikasiin Kleveru ini ke wajah. Aku biasanya di ke telapak tanganin dulu baru ke wajah sih. Hindari bagian area mata dan mulut biar nggak mengiritasi (kulit bagian ini tipis dan lebih sensitif). Setelah 10 menit pakai Kleveru, baru aku tambahin serum lain atau pelembab. Kalau kulitnya sensitif banget, cukup pakai pelembab aja. Soalnya bahannya kan aktif, mengikis gitu, takutnya jadi iritasi kalau pakai serum pencerah lagi.

4. Datglow Skin Brightening Serum/ Datglow Skin Skinbright Serum

Nemu lagi ni brand lokal yang cocok dikulitku dan ngasih efek wkwkwkwk. Datglow ini juga aman untuk bumil dan busui karena nggak mengandung bahan berbahaya untuk bumil dan busui. Tanpa pewangi juga, tapi bau alaminya  nggak mengganggu kok. Setelah nyoba sana sini serum (banyaknya serum korea, mulai dari snail sampai green tea, yang mengandung yuja juga" dan banyaknya nggak ngefek. Tapiiii, semenjak kenalan dan udah pakai selama dua bulan sama datglow ini, aku ngerasa cocooook banget dan ada efeknya juga. Kulit jadi lebih cerah, beneran nyerahinnya. Nggak bikin bruntusan juga atau jerawatan meski mengandung bahan pencerah. Mau curhat aja sih, produk ini aku dapetinnya agak susah. Banyaknya pada habis gitu. Satu botol isinya 15ml, aku sih awet sampai dua bulan lebih. Udah mau tiga bulan malah wkwkwkwk.

Sekarang Datglow skin udah nggak produksi lagi yang serum Brightening dan ganti dengan formula yang lebih baik lagi jadi Datglow Skin Skinbright Serum. Harganya pun lebih terjangkau. Bedanya, yang Datglow Skin Brightening Serum masih mengandung mineral oil sedangkan yang terbaru yakni Datglow Skin Skinbright Serum udah nggak mengandung mineral oil dan ada extract green teanya juga. Jadi bagi kamu yang jerawatan dan pengen sekaligus mencerahkan, bisa nih pakai serum ini.

Ini produk penggantinya. Lebih murah juga wkwkwkwk

🌺 KEAMANAN


Ini buat BPOM Datglow skin serum brigthening.


Ini buat BPOM Datglow Skin Skinbright Serum


🌺 INGREDIENTS

Source Pic : instagram @datglowskin


Datglowskin Serum Brightening 

Aqua, niacinamide, collagen, aloe barbadensis leaf extract, polyglutamic acid, Glutathione, Alpha-Arbutin, Allantoin, Tranexamic Acid, Hamamelis Virginiana Extract, Kappaphycus Alvarezii Extract, Hydroxythylcellulose, Propylene Glycol, Dmdm Hydantoin, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Phenoxyethanol, Tetrasodium EDTA


Datglowskin Skinbrightening Serum

Aqua, Niacinamide, Propylene Glycol, Collagen, Hammamelis Virginiana Water, Hydroxyethylcellulose, Tranexamic Acid, Camelia Oleifera Leaf Extract, Gluthione, Phenoxyethanol, Dmdm Hydantoin, Tetrasodium EDTA, Allantoin. 


🌺 MANFAAT

〰 Mencerahkan.

〰 Mengatasi kemerahan akibat jerawat, Meredakan bruntusan dan jerawat.

〰 Sebagai antiokisdan dan anti aging.

〰 Mengontrol minyak berlebih pada wajah.

〰 Merawat skin barrier yang rusak dan terganggu.


🌺 CARA PAKAI

Mudah banget kok, after cuci muka dan pakai toner, pump 5 tetes ke wajah. Aku biasanya satu kali pump itu (seperempat serum di selang pipet) udah bisa buat seluruh wajah. Hindari area mata.

5. Glass Skin Whitening Gel  Adleeva

Salah satu produk yang aku pakai juga yakni Adleeva Glass Skin Whitening Gel. Biasanya kalau nggak pake glass skin yang kleveru, aku pakai glass skin yang ini. Jadi gantian gitu. Dua kali pakai kleveru, sisanya pakai glass skin adleeva.

Untuk produk glass skin Adleeva sendiri di kardusnya sih ada keterangan aman untuk ibu hamil dan menyusui karena nggak mengandung bahan berbahaya. 

Aku baru dua bulan pakai ini dan memang menyempurnakan. Efek mencerahkannya juga dapet. Jadi semua produk yang aku pake ini kayak saling membooster kali ya. Jadi aku nggak tau produk yang mana yang sebenernya memberikan efek mencerahkan secara signifikan hehehe.

Kalau kamu punya wajah yang oily, aku sih nggak menyarankan product ini karena ada kandungan zea mays yang kurang bagus untuk kulit berminyak. 

🌺 KEMANAN

Udah terdaftar BPOM ya, jadi aman.


🌺 INGREDIENTS

Cyclopentasiloxane, aqua, glycerin, cyclotetrasiloxane, dimethicone crosspolymer, niacinamide, dimethichone/vinyl dimethicone crosspolymer,isomalt, alpha arbutin, phenaxyethanol, lactose, malus domestica fruit cell culture extract, biotin, phenyl trimethicone, methylparaben,microcrystalline cellulose, dimethiconol, sucrose, C 12-15 Alkyl Benzoate, Zea Mays Starch, Butylparaben, Ethylparaben, Xanthan Gum, Isobutylparaben, propylparaben, lecithin, hydroxypropil methylcellulose, Argania spinosa callus culture extract, sodium benzoate,  CI 77491.

🌺 MANFAAT

〰 Mencerahkan.
〰 Membuat pori-pori kulit tampak mengecil.
〰 Menyamarkan noda hitam seperti flek hitam pada wajah.
〰 Anti aging sehingga kulit tampak lebih muda.
〰 Membuat kulit wajah kenyal dan glowing.
〰 Melembabkan dan menghaluskan.
〰 Bisa sebagai base make up.

🌺 CARA PAKAI

Sama kaya pakai cream wajah pada umumnya. 
- Dipakai setelah toner.
- Dipakai setelah serum.
- Dipakai sebelum cream pagi/malam.

Glass Skin ini bisa jadi base make up kamu juga dan nggak buat foundie atau bedak kamu teroksidasi. Jadi jangan khawatir bakal menggelap ya make up kamu. Aku sih biasa pakai sebelum sunscreen.

6. Adleeva Daylight Cream

Pernah liat atau pakai Kelly? Nah teksturnya adleeva daylight cream tuh kayak gitu. Aku pribadi sih suka sama tekstur yang kayak gitu. Rasanya kayak sekalian pakai foundation. Cream ini cocok aja di kulit aku meskipun nggak buat mencerahkan. Cuma dibeberapa orang emang bisa mencerahkan, kalo di aku nggak ngaruh. Jadi hanya melembabkan dan melindungi kulit dari uv aja. Bagusnya lagi, setelah pakai ini, kamu jjga pakai sunscreen yang berspf biar lebih aman kalau beraktifitas di bawah sinar matahari. Ak nggak pake sunscreen, pakenya bedak padat yang udah ada spf nya. 

🌺 KEAMANAN

Ada BPOMnya kok, jadi aman ya. Kamu bisa cek sendiri juga. 

🌺 INGREDIENTS

Niacinamide, (CICA) Centella Asiatica, G2-White, Salicylic GSA (BHA), Advanced Moist Complex & Chamomile Extract.



🌺 MANFAAT

〰 Melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
〰 Mencerahkan.
〰 Melembabkan.
〰 Membantu menyamarkan noda hitam pada kulit wajah.
 Anti Oksidan alami.
〰 Anti-Acne.
〰 Menjaga skin barrier pada kulit wajah.

🌺 CARA PAKAI

Sama kayak pakai sunscreen. Dipakai setelah serum sebelumnya. Selain jadi pelembab, ini juga udah ada kandungan uv filternya. After effect nya nggak berkilau dan nggak keliatan berminyak. Jadi kamu bsa pakai tanpa harus pakai bedak tabur lagi. Nyaman kok. Kalau kamu sering di luar ruangan, harus sering diaplikasiin biar bisa melingungi dari bahaya sinar matahari ya sama tambah sunscreen ber spf ya. Karena aku lebih sering di indoor, jadi aku pakai lagi tiap habis wudhu aja.

🌻 PRICELIST

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser : IDR 90.000 (125ml)
2. SK-II Facial Treatment Essence : IDR 947.100 - 1.020.000 (75ml)
3. Kleveru Glass Skin Overnight Serum : IDR 140.140 (20ml)
4. Datglow Skin Serum Brightening / Skinbrightening Serum : IDR 119.000 (15ml)/IDR 65.000 (10ml)
5. Glasskin Whitening Gel Adleeva : IDR 89.900 (10g)
6. Adleeva Daylight Cream : IDR 99.000 (10g)



Tapi tetep ya, meskipun aman, harus tanya dulu sama dokter kandunganmu dan dokter kulitmu. Karena masing-masing kan punya kulit yang beda dan nggak bisa disamaratakan. Belum lagi kalau punya kulit sensitif kandungan tertentu.


Warm Regards,

Malia Azizah




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Please share and comment with positive way.