Jacket Patch | Do It Your Self

By Malia Siza - 7:57 AM


      Nggak melulu saat musim hujan item fashion ini digunakan. Bahannya pun bermacam-macam. Mulai dari baby terry, parasut, fleece, cotton, denim, kulit, taslan, corduroy, high twist dan sebagainya. Yups. Jaket. Kali ini kita bakal bahas sedikit tentang jenis jaket dan juga Do It Your Self jaket yang sengaja saya beli polos biar bisa dihiasa dan jadi beda dari kebanyakan orang.

     Dilansir dari wadezig.com, awalnya jaket dibuat untuk menghangatkan para pilot dan kru saat perang dunia pertama yang dikenal dengan nama Flight Bomber Jacket. Barulah, berkembang jenis jaket lainnya dengan bahan-bahan yang berbeda pula sesuai dengan fungsinya. Model- model jaket sendiri seiring perkembangan zaman bervariasi. Para designer mulai berinovasi mengembangkan jaket dari satu model ke model lain.

Bomber Jaket

     Masih inget kan betapa viralnya si bomber jaket ini ketika dipakai bapak presiden RI Pak Jokowi?. Jaket bomber sendiri merupakan jaket yang pertama kali dibuat untuk para pilot di perang dunia pertama. Jenis jaket ini pertama kali dipopulerkan di film " Top Gun" yang dibintangi oleh Tom Cruise.



Parka Jaket

      Nggak asing kan dengan jenis jaket ini?. Jaket  parka ini merupakan jaket tahan angin yang biasanya memiliki hoddie (penutup kepala) yang dibalut bulu. Sesuai fungsinya, jaket ini diperuntukkan untuk menghangatkan badan, biasanya digunakan saat musim salju.



Varsity Jaket

       Varsity jaket ini merupakan istilah jaket yang digunakan oleh siswa SMA atau mahasiswa sebagai identitas atau jaket tim kebanggan di Amerika. Mungkin nama varsity asing banget di telinga, nah jaket ini juga dikenal dengan nama jaket baseball. Kalau istilah jaket baseball udah nggak asing kan?. And its my favorite jacket ever!


Pengenalan jenis jaketnya 3 jenis dulu ya. Karena selanjutnya saya mau sedikit share #DoItYourSelf section di postingan kali ini.

Bahan-bahan yang kamu butuhin simple banget. Lebih jelasnya bisa diliat di gambar. Fyi, kamu bisa beli patch-patch lucu ini di toko craft atau toko alat dan bahan jahit.




Berhubung nggak nemu bordiran huruf, saya akhirnya buat sendiri huruf dari bahan flanel. Pertama, kamu tinggal buat cetakan hurufnya sebagai pola, selanjutnya tinggal apply pola di flanel, gunting, lem kemudian jahit deh. Cara-caranya seperti di gambar.






Langkah selanjutnya, kamu tinggal menyusun dan menjahit patch sesuai design yang kamu mau. Kalau saya hasilnya jadi seperti ini. Tada!










Happy trying!!! Semoga postingannya bermanfaat ya ☺

  • Share:

You Might Also Like

0 comments